Pencapaian Google Ditakuti Perusahaan Lain

CALIFORNIA - Google tahun ini banyak membeli perusahaan internet yang terlihat 'tidak ada apa-apanya' bagi mereka, mulai dari perusahaan game sosial sampai ke firma yang memperkuat

penjualan online untuk industri penerbangan.

Perkembangan yang pesat dari perusahaan teknologi ini membuat takut pesaing-pesaing mereka. Kini perusahaan-perusahaan tersebut menekan pihak-pihak resmi antimonopoli untuk memblokir beberapa usaha merger Google atau untuk membuat sebuah kasus untuk melawan Google, seperti halnya pertarungan pihak pemerintah AS dengan Microsoft. Demikian dikutip dari Washington Post, Senin (13/12/2010).

Google mengatakan bahwa pembelian-pembelian tersebut membantu membangun layanan yang lebih besar dari produk mereka untuk para konsumen. Google juga membela diri atas serangan-serangan tersebut.

"Kami adalah perusahaan besar. Kami merusak. Kami akan mendapatkan perhatian dari pemerintah di seluruh dunia dan hal tersebut memang sudah menjadi konsekuensi yang harus kami terima," ujar Adam Kovacevich, senior manager of global communications and public affairs dari Google.

Para petugas antimonopoli di Justice Department dan Federal Trade Commision sedang memeriksa Google secara hati-hati dari setiap merger besar yang mereka lakukan.

Mengenai hal ini para pengatur kebijakan di negara lain juga sudah mulai bertindak. The European Commision mengatakan bulan lalu bahwa mereka sedang menyelidiki tuduhan bahwa Google menahan hasil pencarian mesin mereka untuk layanan dari perusahaan-perusahaan kompetitor.

Source : Okezone.com